Cerita 60: retak di gigi premolar rahang atas

Assalammualaikum Wr wb.. Selamat Pagi!!

tak terasa, lebaran sudah berlalu tanpa sempat berucap kata maaf. oleh karena itu, melalui web blog ini saya mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. semoga silaturahmi kita semua terus terjaga ya..

di episode kali ini, saya ingin mengangkat kembali tentang kembalinya CeritaPasienRio.com dengan format baru. selain kasus-kasus yang lebih umum dijumpai, disini juga akan menampilkan pekerjaan dengan rubber dam. Saya sendiri baru mendeklarasikan diri saya untuk memakai rubber dam semenjak saya pulang dari Jerman tahun lalu. sebelumnya, saya memakai rubber dam hanya saat mengerjakan pekerjaan endodontik saja. namun, atas bimbingan para mentor2 di dalam dan luar negeri, maka sejak sepulang itu saya melakukan pekerjaan restorasi dengan rubber dam. terima kasih juga dukungan dari istri saya, Arum Wijayanti, dan teman2 seperjuangan drg. Rinto Abimanyu SpKG dan drg. M. Furqan Rizal SpKG.

kalau saya saja bisa, maka teman-teman pembaca pun BISA!🙂

selanjutnya, butuh waktu kurang lebih 6 bulan bagi saya untuk belajar kembali dental photography, sehingga akhirnya bisa membuat CeritaPasienRio.com dengan format yang lebih SEGAR!

dokter gigi rio suryantoro

jangan lupa juga untuk selalu up to date di grup facebook RunForwaRd (klik tulisan disamping), tempat sharing kasus dan diskusi kasus menarik dari semua dokter gigi se-Indonesia..🙂

terima kasih untuk teman saya drg. Rinto Abimanyu SpKG dan drg. Muhammad Furqan Rizal SpKG untuk terbentuknya grup ini. very attractive!🙂

perawatan saluran akar dokter gigi rio slide blue

sebelum kita mulai bercerita, saya mau berucap syukur kepada ALLAH SWT yang telah  memberikan waktu, kesempatan, dan kemampuan.. juga rezeki yang tiada tara.. sungguh.. terima kasih ya Allaah.. juga kepada kedua orang tua dan keluarga Saya, mertua saya dan keluarga selalu menyemangati dan mendoakan Saya; kepada istri saya Arum Wijayanti yang membuat Saya semakin semangat, dan anak saya yang lucyuu dan imut itu selalu bikin tambah seger setiap di rumah..kepada Sahabat-sahabat dan teman-teman Saya yang mendukung untuk bisa update kasus disini, juga yang sudah membantu menyarankan untuk memperbagus web ini; kepada semua dosen-dosen di FKG UI yang sudah mengajari Saya bagaimana bekerja dengan baik, benar, dan beretika; serta kepada pasien-pasien yang senantiasa mempercayakan kesehatan gigi kepada Saya…

terima kasih untuk semuanya, semoga Allaah SWT berkahi kita semua..🙂

perawatan saluran akar dokter gigi rio slide red

spesialis konservasi gigi perawatan saluran akar tambalan komposit resin estetik 19

b e g i n i  c e r i t a n y a . . .

Sore itu, saya kedatangan pasien dengan keluhan ingin memperbaiki gigi nya yang sakit, sebut saja pasien saya itu dengan nama Nami. sebelumnya, Nami sudah datang ke beberapa dokter gigi, disebutkan bahwa gigi tersebut sudah retak dan tidak bisa dirawat lagi, ujung-ujungnya harus dicabut. karena beliau merasa bahwa gigi ini bisa dirawat, maka beliau mencari second opinion.

gambar 1. keadaan gigi secara klinis saat pertama kali datang.

gambar 1. keadaan gigi secara klinis saat pertama kali datang.

ya, gigi itu sudah pernah ditambal sebelumnya, dan tampak ada retak di bagian mesial gigi yang bejalan sampai ke bagian distal, berhenti di tambalan. kemudian saya lakukan foto Rontgen menggunakan VistaRay 7.1 (Durr).

gambar 2. xray pasien saat pertama kali datang.

gambar 2. xray pasien saat pertama kali datang.

perkusi positif, vitalitas negatif, tampak ada radiolusensi di bagian periapeks pada gigi premolar dua rahang atas. diagnosis kerja adalah Periodontitis apikalis kronis. Rencana perawatan adalah Perawatan saluran akar dengan rencana restorasi pembuatan crown disertai pemakaian pasak fiber.

perawatan saluran akar dokter gigi rio slide red

setelah penjelasan kepada pasien secara mendalam, lalu saya minta informed consent kepada pasien sebelum dilakukan perawatan tersebut.

pertama-tama, saya lakukan preparasi akses dan pembuatan dinding mesial dan distal. tujuannya agar saya mendapatkan kavitas dengan 4 dinding tegak. desain ini akan memberikan reservoir bagi larutan irigasi.

gambar 3. pemasangan rubber dam (sanctuary rubber dan clamp, dengan cerkamed rubber dam sheet)

gambar 3. pemasangan rubber dam (sanctuary rubber dan clamp, dengan cerkamed rubber dam sheet)

gambar 4. pembuangan jarigan karies dan tambalan lama yang bocor, sehingga didapatkan jaringan detin yang sehat.

gambar 4. pembuangan jarigan karies dan tambalan lama yang bocor, sehingga didapatkan jaringan detin yang sehat.

gambar 5. terlihat garis crack yang berjalan di tepi mesial, terbatas di bagian mahkota.

gambar 5. terlihat garis crack yang berjalan di tepi mesial dan distal, terbatas di bagian mahkota.

di gambar 4 dan 5 saya mengevaluasi keadaan perluasan garis crack. disini saya yakin bahwa gigi bisa dipertahankan karena garis crack bisa berhenti di mahkota.

gambar 6. pembuatan dinding mesial dan distal dengan greatercurve matrix.

gambar 6. pembuatan dinding mesial dan distal dengan greatercurve matrix.

gambar 7. selesai membuat dinding mesial dan distal dengan resin komposit (Ceram-X one dari Dentsply) dipoles dengan Soflex (3M)

gambar 7. selesai membuat dinding mesial dan distal dengan resin komposit (Ceram-X one dari Dentsply) dipoles dengan Soflex (3M). lalu rubber dam diganti dari multiple teeth menjadi single tooth isolation.

di tahapan ini saya mengganti cara isolasi, dari multiple teeth menjadi single tooth. lalu saya lakuan preparasi dan pembersihan saluran akar.

gambar 8. keadaan gigi saat cleaning and shaping.

gambar 8. keadaan gigi saat cleaning and shaping.

gambar 9. saluran akar setelah dilakukan preparasi dan pembersihan saluran akar dengan mTwo (VDW) dengan gerakan reciprocal ke kanan (150CW, 30 CCW) dengan mesin I-mate2C (denjoy)

gambar 9. saluran akar setelah dilakukan preparasi dan pembersihan saluran akar dengan mTwo (VDW) dengan gerakan reciprocal ke kanan (150CW, 30 CCW) dengan mesin I-mate2C (denjoy)

gambar 9. foto kon utama pada gigi 25.

gambar 10.  foto kon utama pada gigi 25.

gambar 10. pengisian saluran akar pada gigi 25

gambar 11. pengisian saluran akar pada gigi 25

gambar 11. coronal seal pasca pengisian saluran akar.

gambar 12. coronal seal pasca pengisian saluran akar dengan low shrinkage stress flowable composite resin (filtek bulkfill dari 3M).

setelah dilakukan pengisian saluran akar dan koronal seal dengan resin komposit, lalu saya berikan tambalan sementara, kemudian saya evaluasi hasil perawatan dengan foto rontgen.

gambar 12. keadaan setelah dilakukan perawatan endodontik. tampak marginal integriti yang baik antara resin komposit - gutta percha - dentin.

gambar 13. keadaan setelah dilakukan perawatan endodontik. tampak marginal integriti yang baik antara resin komposit – gutta percha – dentin.

setelah itu, saya minta pasien untuk kontrol perawatan untuk dilakukan pembuatan crown dan pasak fiber.

perawatan saluran akar dokter gigi rio slide blue

s e b u l a n   k e m u d i a n   . . . 

Ternyata Nami, pasien saya, merasa giginya sudah baik-baik saja dan tidak datang-datang lagi karena lupa ada masalah pada giginya. kebetulan beliau juga ada acara di luar kota waktu itu. akhirnya, setelah sebulan, Nami datang dengan perasaan bahagia. giginya sudah tidak sakit, keluhan hilang, dan siap menerima perawatan berikutnya.

setelah saya lihat giginya, waktu itu saya merasa bahwa saya bisa menambalnya dengan tambalan direk. akhirnya, saya dan nami berdiskusi, lalu diputuskan bahwa pada hari itu saya melakukan tambalan direk dengan resin komposit.

gambar 12. Pemasangan rubber dam (nictone rubber dam sheet dengan sanctuary rubber dam clamp, multiple teeth)

gambar 14. Pemasangan rubber dam (nictone rubber dam sheet dengan sanctuary rubber dam clamp, multiple teeth)

gambar 14. saya menggunakan fiber reinforced composite resin (everX posterior) sebagai dentin replacement.

gambar 15. saya menggunakan fiber reinforced composite resin (everX posterior) sebagai dentin replacement.

gambar 15. saya menggunakan GC G-aenial sebagai top/coronal layer.

gambar 16. saya menggunakan GC G-aenial sebagai top/coronal layer. pemolesan dengan enhance (dentsply)

gambar 17. hasil akhir perawatan restorasi pada gigi 25. single shade, tanpa color modifier. (G-aenial - GC)

gambar 17. hasil akhir perawatan restorasi pada gigi 25. single shade, tanpa color modifier. (G-aenial – GC)

gambar 1. keadaan gigi secara klinis saat pertama kali datang.

gambar 18. keadaan saat pertama kali datang.

gambar 18. foto rontgent evaluasi perawatan. tampak restorasi yang homogen, marginal integriti yang baik.

gambar 19. foto rontgent evaluasi perawatan. tampak restorasi yang homogen, marginal integriti yang baik.

alhamdulillaah.. pasien saya, Nami, sampai cerita ini ditulis, masih dalam keadaan baik-baik saja dan belum mengganti tambalan dengan crown. hehe..

perawatan saluran akar dokter gigi rio slide red

Simpulan alat dan bahan yang digunakan:

  1. Rubber Dam sheet: Nic Tone Rubber dam (medium) saat restorasi akhir, dan Cerkamed rubber dam (heavy) saat perawatan saluran akar.
  2. Rubber Dam Clamp: Sanctuary
  3. Resin komposit: Filtek Bulk fill flowable (3M), Ceram-X One (dentsply), G-aenial (GC), everX Posterior (GC)
  4. File: Mtwo (VDW) dengan gerakan resiprokal ke kanan (150CW dan 30 CCW)
  5. xray: Vistaray 7.1 (Durr dental)
  6. IntraOral: VistaCam High Definition (HD) (Durr Dental)
  7. EndoMotor: I-mate2C (Denjoy)
  8. Apex Locator: WoodPex 1 (WoodPecker)
  9. Dental Loupe: The Signature by RunForward (Four Eyes Loupe co.)

unnamed

perawatan saluran akar dokter gigi rio slide red

akhir kata… semoga kita semua bisa memberikan perawatan yang terbaik untuk pasien kita, senagaimana halnya kita ingin mendapatkan perawatan yang terbaik dari dokter yang merawat kita..

keep UP the GOOD WORK!!

keep on Sharing,

TETAP SEMANGAT…!!!

Wassalammualaikum Wr Wb..

-drg. Rio Suryantoro, Sp.KG-

M e e t   m e   a t :

for more cases, cllick!

 

Tentang Rio Suryantoro, drg., Sp.KG

Dentist, conservative dentistry specialist (Restorative Dentisty and Endodontist)|case reports' author on http://ceritapasienrio.com and http://sekilaskonservasigigi.com|trainer of conservative dentistry | live in Jakarta.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s